Thursday, March 11, 2010

Usus Buntu


Kemarin hari ane sama temen-temen kantor menjenguk orang sakit. Yah sebenernya yang sakit adalah istrinya bos. Gejala awalnya sih katanya sakit perut tapi kok g sembuh-sembuh, dan terjadi hampir satu minggu(klo ane udah g kuat dah). Yang lebih parahnya lagi ternyata yang menjadi penyebab adalah usus buntu yang udah pecah dan mengularkan nanah, kok bisa ya??. Kepansaran ane terjawab setelah browsing-browsing kenapa itu bisa terjadi.

Usus buntu menurut wikipedia dalam arti anatomi tubuh suatu kantung yang terhubung pada usus penyerapan serta bagian kolon menanjak dari usus besar. Usus buntu sendiri ditemukan pada mamalia,burung dan sebagian reptil. Fungsi dari usus buntu ini sebagai organ yang berfungsi imunologik(ada yang tau apa imunologik??) dan secara aktif berperan dalam sekresi immunoglobulin (suatu kekebalan tubuh) dimana memiliki/berisi kelenjar limfoid.
Baru tau ane ternyata usus buntu berperan sebagai penghasil kekebelan tubuh(klo ini dari pemikiran ana klo salah tolong dibetulin ya). Tapi yang menjadi penasaran diri ane kok bisa organ yang berfungsi sebagai alat sekrsi immunoglobulin bisa meradang??. Menurut medicastore penyakit ini belum bisa dipastikan apa penyebabnya, tapi kebanyakan kasus yang ditemukan disebabkan karena adanya penyumbatan didalam usus buntu. Bila penyakit ini dibiarkan tanpa ada pengobatan usus buntu bisa pecah. Pecahan dari isi usus buntu bisa menyebabkan infeksi pada dinding perut atau disebut Peritonitis, bisa juga mengakibatkan abses(merupakan kumpulan nanah (netrofil yang telah mati) yang terakumulasi di sebuah kavitas jaringan karena adanya proses infeksi, sumber wikipedia ). Pada wanita bisa menyebabkan kemandulan, dan yang terakhir jika sudah masuk kedalam pembuluh darah bisa berakibat fatal.

Gejalanya sendiri yang ane baca dari beberapa sumber, mengatakan terjadi rasa nyeri atau paling gampangnya sakit perut yang bermula dari pusar dan bergerak kesamping kanan. Pada artikel lain ada juga yang mengatakan jika sudah mulai parah bisa menyebabkan rasa mual dan bisa sampai muntah-muntah hal inilah yang menyebabkan nafsu makan menurun. Jika penyakit ini tidak mendapat penanganan yang serius bisa mengakibatkan demam sekitar 37,8º-38,8º Celcius. Bila terjadi pada anak-anak atau bayi rasa nyeri yang dirasakan pada seluruh bagian perut.

Penangannya sendiri jika sudah begini hanya dengan operasi hal ini untuk menghindari pecahnya usus buntu. Munurut aritikel di medicastore kendati usus buntu saat pembedahan normal tetap saja diangkat hal ini dilakukan untuk menghindari pecahnya usus buntu. Bila terjadi pecah sudah dijelaskan diatas bisa berakibat sangat fatal. Jika setelah pengangakatan masih terasa sakit, biasanya dokter akan mendiagnosa ulang penyebab yang lain. Masih menurut medicastore untuk taraf yang masih ringan pasien dapat pulang dari rumah sakit kurang lebih 2-3 hari. Untuk yang lebih parah yang bisa dikatakan sampai pecah bisa lebih dari itu ada yang mengakatan bisa sampai dengan 3 bulan untuk masa penyembuhan.

Wuih ternyata penyakit usus buntu bukan penyakit yang bisa sepelekan bagitu saja. Setelah baca dan nulis ini jadi ada pengetuan baru tentang usus buntu. Semoga bermanfaat juga bagi yang lain, klo ada tulisan or pengertian yang salah boleh kok ikut membetulkan asal benar loh ya heheheh.

sumber:
-wikipedia
-medicastore
-nusaindah.tripod.com

No comments:

Post a Comment