Saturday, March 20, 2010

Menulis


Menulis sesuatu yang bisa dibaca, dan dipahami oleh sesorang ternyata tidaklah mudah. Ane kira ternyata menulis yang merangkai kata adalah sangatlah mudah, ternyata semua berkebalikan. Pada saat menulis yang ada hanyalah mengeluarkan semua apa yang ada dipikiran kita.

Ide yang telah tertulis pun kadang menjadi berbeda karena cara kita menulis tidak sama dengan keinginan kita. Penulisan yang kita tulis juga terpengaruh dengan suasana hati, pikiran dan lingkungan. Saat suasana hati kita lagi mood begitu dengan mudahnya kita menghasilkan apa yang akan kita ceritakan kedalam sebuah buku atau blog. Ide-ide itu muncul dengan sendirinya entah dari mana asalnya. Kadang hati kita merasa tenang api mood untuk menulis atau berceritapun sulit dimunculkan. Kemarahan kadang muncul saat kita marah, menyamapaikan isi hati yang menganjal dalam hati kita. Perasaan jengkel pun da[pat sirna begitu meluapkan dalam tulisan, seolah-olah apa yang menjadi masalah kita bisa sampaikan walau itu hanya denga tulisan.

Ide-ide menulis kadang dari peristiwa yang tak terduga atau dengan menulisakan peristiwa dalam kehidupan sang penulis sendiri. Lingkungan juga memberikan apa yang menjadi tulisan itu. Masalah sosial dilingkungan penulis, masalah ketidak adailan yang diperoleh dilingkungan, perilaku politik kadang mempengaruhi ide sang penulis. Kadang saat sakit tulisannya pun bisa merubah rasa citra apa yang akan disampaikan, bisa yang dituliskan dengan rasa sedikit marah, capek dan lain-lain. Begitu suasana hati nyaman tulisan yang disampaikan begitu lembut dan mengalir saja. Klo saaat sakit hati or merasa kecewa pasti bisa ditebak dengan ungkapan yang rada kasar dan mengkritik.

Saat menilhat tulisaan yang ane tulis sendiri kadang juga susah juga memahami apa yang ane tulis saat itu. Mungkin saat penulisan itu apa yang di otak langsung ditulis tanpa mengolah lebih dahulu agar mudah untuk dipahami.

Satu hal yang dapat ane simpulkan bahwa tulisan-tulisan yang kita tuliskan bisa menggambarkan suasana hati kita, cara berfikir kita dan bisa menggambarkan bagaimana sih karakter diri kita melalui tulisan kita. Bisa dengan kata lain orang bisa menilai karakter yang kita miliki melalui tulisan kita.

No comments:

Post a Comment