Thursday, February 11, 2010

Valentine Haram???


Ehm.... ada berita baru lagi ni buat semua, tadi pagi ane dengar berita di televisi bahwa MUI mengatakan valentine haram, entah si jurnalisnya yang bikin headlinenya begitu atau MUI hanya menyarankan umat islam untuk tidak merayakannya. Sekarang kadang berita memberikan informasi dari sisi sebelah saja bukan dari dua sisi yang berbeda.

Nah klo MUI bilang valentine itu haram, ane sih setuju-setuju aja malah mendukung. Kenapa ane mendukung klo dilihat dari sejarah awal tentang valentine's day lebih berkaitan dengan ajaran diluar Islam.

Valentine's day awalnya merupakan hari raya katolik roma sebagai peringatan terhadap santo Valentine. Valentine sendiri merupakan seorang marty atau santo(atau orang suci). Nah Valentine's day awalnya dicetuskan oleh Paus Gelasius I sengaja menetapkan hal ini untuk mengungguli hari raya Lupercalia yang dirayakan pada tanggal 15 Februari (ane copas dari wikipedia).

Klo dilihat dari sejarahnya sudah jelas-jelas sudah diluar ajaran islam, walaupun sekarang macam-macam perayaan hari valentine sangat berbeda dengan misi awalnya, tapi tetap saja dilihat dari sejarahnya adalah perayaan bagi umat katholik.

Karena keterkaitan-kertaiktan diatas dan secara ajaran agama sudah menyimpang jadi ane bisa menerima secara logis dan secara keagaman keputusan yang diambil oleh MUI. Jadi bagi para muda-muda yang baragam muslim tentunya alangkah lebih baik membuat acara yang lebih bermakna semisal dengan bakti sosial, atau lebih mengadakan pengajian dll. Bukankan setiap hari bisa menjadi hari kasih sayang terhadap sesama hehe.

Tulisan ini ane tulis karena keprihatinan ane sebagai muslim (walau ane baru belajar) melihat generasi muda muslim yang mulai tidak mengenal ajaran agamanya secara menyeluruh hanya mengenal kulitnya saja. Semoga tulisan ini bermanfaat klo ada salah-salah tulisan boleh kok di koreksi.

No comments:

Post a Comment