Friday, February 12, 2010

Sepak Bola = Kerusuhan


Mungkin fenomena sepak bola menjadi biang kerusuhan tidak hanya terjadi di negara kita, di negara lain pun juga mengalaminya. Dibandingan dengan negara lain frekuensi terjadinya kerusuhan akibat pertandingan sepak bola sangatlah besar di negara kita.

Ane liat setiap ada pertandingan sepak bola kemungkinan terjadinya kerusuhan sangat tinggi, mulai dari pemain sepak bolanya yang lebih mengandalkan kekuatan fisik bukan mengandalkan kekuatan fisik dan otaknya untuk menampilkan sepak bola yang cantik. Tapi yang paling berpengaruh tercipatanya kerusuhan adalah kurang dewasanya para suppoter sepak bola itu sendiri.

Beberapa waktu yang lalu suppoter sepak bola menjadi berita besar. Hal ini disebabkan ulah para suppoter dari salah satu tim sepak bola yang berada disurabaya yang lebih dikenal dengan BONEK atau bondo nekat. Mereka membuat berita besar dengan adanya perkelahian dengan beberapa warga disolo yang mengakibatkan kerusakan pada alat transpotasi kereta apa.

Ya memang benar BONEK lebih membuat was-was warga lain ya dikarenakan dengan kenekatan mereka untuk mendukung Tim kesayangan mereka. Boleh sih mendukung kesebelahan mereka tapi ya tolong memperhatikan keselamatan orang lain dan ketenangan orang lain. Inginnya mendukung malah takut melihat tingkah polah para pendukungnya.

Mungkin tidak hanya saja BONEK mungkin suppoter-suppoter yang lain dari tim kesebelahan yang lain yang berperilaku anarkis dalam setiap pertandingan. Secara tidak langsung citra persebak bolaan di Negeri tercinta ini bisa dikaitkan sepak bola adalah biang kerusuhan. Prestasi sepak bola Indonesia sendiri juga cukup mengecewakan dimana lembaga yang menaunginya juga bekerja kurang optimal untuk memberikan ide-ide dan peraturan yang tegas sehingga menghasilkan pertandingan-pertandingan sepak bola yang menarik.

Dilihat dari kacamata penulis dengan identiknya sepak bola dengan kerusuhan, maka kapan akan majunya sepak bola Indonesia. Ane berharap semoga sepak bola Indonesia ini jauh lebih maju lebih profesional, tapi dalam pengamatan saya bukan malahan maju akhir-akhir ini terlihat mundur jauh kebelakang meskipun ada legion asing didalamnya.

Ayu para supporter bertindak dewasa lah jangan hanya bisa membuat kerusuhan tapi buat lah sesuatu yang indah dilapangan, begitu juga para pemain dan official berlaku lebih dewasa sehingga menampilkan permainan yang cantik dan jauh dari kerusuhan.

No comments:

Post a Comment