Sunday, February 14, 2010

Imlek



Nah kemarin warga tionghoa(bener g ya tulisannya) baik di indonesia maupun belahan dunia yang lainnya merayakan hari raya imlek. Hari raya imlek baru-baru ini bisa dirasakan oleh warga tionghoa sejak terpilihnya mantan presiden Abdul Rahman Wahid yang lebih terkenal dengan nama Gus Dur.

Perayaan Imlek di Indonesisa dapat dirasakan kembali oleh warga Tionghowa setelah Gus Dur mencabut Inpres Nomor 14/1967 yang berisi larangan terhadap segala hal yang berbau Tionghoa. Kemudian oleh mantan Presiden Megawati ditindak lanjuti dengan Keputusan Presiden nomor 19/2001, menyatakan Imlek merupakan hari libur nasional.

Bagaimana sih sejarah imlek itu. Klo ane baca di wikipedia perayaan imlek merupakan bulan pertama dalam penaggalan Tionghoa yang berakhir dengan perayaan Cap Go Meh. Nah pada tahun ini menurut penaggalan adalah tahun macan. Nah tiap tahun pasti memiliki arti masing2. Klo masalah arti-arti ane kagak tau ya.

Sejarah imlek dari seasite, imlek atau Sin Tjia merupakan perayaan kaum petani cina untuk berkaitan dengan datangnya musim semi yang bertepatan dengan bulan pertama penanggalan cina. Menurut situs seasite perayaan imlek diisi dengan acara embahyang Imlek, sembahyang kepada Sang Pencipta, dan perayaan Cap Go Meh yang bertujuan untuk mewujudkan rasa syukur kepada sang pencipta dan panjatan doa agar di beri rejeki yang melimpah ditahun depan.

Perayaan imlek juga bisa dirayakan dengan atraksi barongsai,liong, pesta lampion dan kembang api. Ada hal yang terpenting dalam perayaan imlek menurut orang Tionghoa adalah penyajian Siu Mi atau yang di Indonesia di sebut dengan Mie panjang umur. Makan lain yang juga tidak boleh ketinggalan adalah kue nastar, kue semprit, kue mawar, manisan kolang kaling dan tidak ketinggalan lapis legit. Lapis legit sendiri mempunyai arti agar tahun depan rejekinya berlapis lapis.Hanya ada hidangan yang tidak boleh dihidangkan dalam perayaan Imlek ini yaitu bubur. Bubur tidak di hidangkan karena melambangkan kemiskinan.

Dalam perayaan Imlek idealnya dihidangkan 12 macam makanan dan 12 macam kue yang melambangkan 12 macam shio cina. Kue-kue yang dihidangkan biasany lebih manis dari biasanya dengan pengharapan ditahun depan bisa mendapatkan rejeki yang lebih manis.

Nah itu sedikit kesimpulan yang ane bisa kasih tentang sejarah Imlek yang ane baca-baca dari wikipedia dan seasite semoga bermanfaat aja deh. Ehm juga tidak ketinggalan klo ada penulisan yang salah boleh kok dikoreksi hihihihi.

No comments:

Post a Comment