Monday, February 22, 2010

Kamera Digital


Ini bermula dari temen ane yang suka dengan fotografi. Hanya dengan menggunakan kamera pocket merek Panasonic Lumix DMC LZ8 bisa menghasilkan gambar yang lumayan menurut ane. Berhubung dulu ane suka dengan kamera walaupun cuman hanya jepret sana jepret sini yang hasilnya hanya gitu-gitu aja.

Pertama kali punya kamera digital Canon PowerShot A410 itupun juga bukan punya ane melainkan punya bokap ane. Nah kata temen ane untuk belajar fotografi g perlu dengan kamera yang selalu bagus, bisa pake kamera pocket yang bisa diatur secara manual. Biasnya kan banyak kamera pocket yang semuanya serba otomatis pemilihan menunya tinggal di atur sesuai dengan keinginan misal outdoor, trus ninght dll. Untuk menu Manual, user bisa setting dengan keinginan yang diharapkan.

Berhubung kamera bokap bisa manual maka ane bisa coba-coba deh, mulai dengan foto-foto macro dan lain-lain. Tapi berhubung masih amatiran hasilnya biasa-biasa aja. Cuman hasil jepret-jepret ane di hapus sama adik ane wah mana belum ke backup jadi g punya bukti deh ane.

Ada moment lain yang memaksa ane untuk membeli kamera yaitu dengan moment akan kelahiran anak ane yang pertama. Ane cari referensi tentang kamera yang bagus sekalian bisa buat belajar fotografi yang budgetnya sekitar 2-2,5 juta. Browsing-browsing akhirnya menemukan kamera yang lumayan bagus dengan spec yang lumayan bagus dengan harga sesuai budget. Pilihan sebenarnya ada dua antara Nikon dan Fuji klo mau tau perbandingannya disini.

Nikon dengan Coolpix L100 dan Fuji bisa dengan S1600 atau S2000HD. Saran dari temen ane suruh mengambil Fuji S1600 karena berdasarkan perbadingannya sudah cukup mumpuni. Harga yang berdasarkan tokocamzone S1600 di berandol dengan harga 2.150.000 sedangkan S2000HD diberandol dengan harga 2.550.000 ya memang S2000HD memang unggul di zoomnya, tapi klo liat reviewnya S1600 cukuplah bagi pemula. Nikon sendiri dengan CoolPix L100 diberandol dengan harga 2.400.000.

Hasil browsing dibawa pulang untuk diserahkan kepada mentri keuangan. Jreng-jreng ternyata keputusan menteri keuangan menolak untuk sementara waktu, dan memberikan solusi sambil menunggu setelah kelahiran. Ok deh semoga saja lahir dengan normal n sementara pinajam kamera bokap aja untuk mengabadikan momen kelahiran anak pertama ane. Semoga suatu saat nanti keinginan untuk punya kamera digital sendiri tercapai amin3x.

No comments:

Post a Comment