Wednesday, May 1, 2013

School is Fun (Sekolah adalah Hal yang menyenangkan)

School is fun wah baru denger istilah ini dari saudara ane yang udah lama tinggal di Australia. Mendengar kata "School is Fun" merupakan impian buat ane karena pendidikan di negara ini Indonesia merupakan momok alias hantu yang sangat menakutkan bagi pelajar di negeri ini. Gimana g ngeri tiap baca berita klo udah waktunya UNAS wah pasti ada berbagai macam ritual yang di lakukan oleh pelajar maupun pihak sekolah.

Ritual-ritual yang di lakukan ada biasa hingga yang nyeleneh wkakaka, misal untuk ritual yang baik dilakukan sholat istiqosah untuk bisa di beri kelancaran dalam menghadapi UNAS dan pastinya lulus. Ritual yang nyeleneh ada juga yang minta sesuatu dari tempat keramat agar di beri kelancaran dan kelulusan dalam UNAS. Wah-wah cuman gara-gara UNAS bisa melenceng dari Agama cuman biar lulus UNAS. Belum lagi banyak kecurangan yang terjadi, cuman tahun ini biar g terjadi kecurangan tiap orang menerima soal yang berbeda.

Nah saat saudara ane mengatakan bahwa sekolah di sana is fun alias sangat menyenangkan membuat ane jadi penasaran, emang disana gimana sih sistemnya?. Ok mari kita bahas, pertama pelajaran wajib di sana cuman dua yaitu matematika dan bahasa dan ilmu yang lain adalah pilihan siswanya. Kedua di sini a.k.a Indonesia di sini kebanyakan teorinya dari pada prakteknya,  katanya biayannya mahal, padahal klo mau ya bisa aja asal ada kemauan. Disana mereka lebih bisa explore apa yang mereka pelajari, banyak berkunjung ke museum, dan tempat2 yang lain. Jam belajar disana dari jam 9 pagi sampek 3 sore, berbeda dengan disini kebanyakan full day. Mungkin ini yang membuat sekolah disana menyenangkan dari pada disini yang lebih banyak teori dan full day yang bikin siswa2 stress dan capek untuk belajar dan akhirnya malas, belum lagi klo udah denger kata UNAS bisa mati wkakak.

Satu harapan ane KAPAN ya INDONESIA bisa menciptakan SEKOLAH TEMPAT YANG MENYENANGKAN. Semoga kita mempunyai MENTRI PENDIDIKAN yang cerdas bukan yang pintar dengan teorinya saja.




No comments:

Post a Comment