Friday, May 10, 2013

Pemanfaatan Kardus Bekas

Pemanfaat kardus bekas benernya bisa digunakan berbagai macam wadah atau tempat. Biasanya kita menggunakan kardus bekas digunakan untuk wadah menaruh barang-barang bekas kita, semacam buku, barang pecah belah yang sudah tidak terpakai. Biasanya kerdus yang kita gunakan kerdus mie.

Agar nilai tambah dari kerdus bekas ini menjadi wadah yang bagus dan enak diliat mata, maka diperlukan sedikit olah tangan dan kreatifitas dari diri kita. Bahkan ada saya pernah baca dari majalah pengunaan kardus bekas bisa digunakan sebagai perabot rumah tangga, semacam meja dan kursi. contoh :

ada juga yang menjadi barang kerajinan tangan, dengan berbagaimacam model sesuai dengan kreatifitas yang dimiliki seseorang. Bisa berupa replika vespa, sepeda dan lain-lain.

Nah disini saya akan membahas pemanfaatan kardus bekas sebagai tempat mainan anak. Bahan-bahan yang dibutuhkan antara lain:
1. kardus bekas disesuaikan dengan kebutuhan
2. Lem kayu sebagai perekat
3. Cutter
4. Palu
5. Kertas coklat(saya kurang tau namanya biasanya buat sampul buku)
6. Kertas kado tentunya sesuai selera
7. Pita

Cara membuat
1. potong kardus sesuai dengan ukuran yang kita inginkan sebagai tempat penyimpanan. pastikan pastikan kanan kirinya di lebihin 1 cm buat naruh lem dan untuk menyambung di tiap sisinya agar terbentuk tempat penyimpanan.
2. Setelah terpotong kemudian rekatkan dengan lem kayu, agar lebih rekat pukul dengan palu secara pelan2, tunggu 1 hingga 2 menit hingga lem kering. Pastikan ketebelan karton yang kita lem sudah mencapai 0.5-1cm biar tidak mudah sobek dan rusak akibat ditarik2.
3. Setelah terbentuk maka pasang kertas coklatnya pada bagian dalam dan kertas kado pada bagian luar.
4. Tambahkan Pita sebagai tempat untuk mengangkat atau menarik tempat penyimpanan.
5. selesai

Sebagai gambaran setelah jadi (pinjem punya orang dl belum foto heheh)
Ini hasil yang ane bikin
 

Selamat mencoba

No comments:

Post a Comment