Monday, April 26, 2010

Masakan yang gagal


Weh kemarin pingin masak tempe ama tahu bacem, semua bumbu udah siap, termasuk bahannya. Bumubunya sih mudah banget dari gula merah, bawang putih, bawang merah, garam, asam jawa, cuman berhubung g ada ane ganti dengan cuka, dan yang terakhir adalah daun salam. Petaka awal sih g ada cuman ane salah ambil bahan yang seharusnnya daun salam ane ambil daun sereh.

Dengan pedenya ane ambil sereh yang dalam hati ane daun salam. Masak dimulai masukin ini itu sampai semuanya tercampur dalam panci heheh, dalam hati pasti benerni mana bahan yang ane bikin buat stok untuk satu minggu. Lah lama-lama kok ada yang aneh ya kok rasanya rada beda dari biasanya lebih gimana. Awalnya sih dalam pikiran ane g masalah mungkin memang begitu sambil nunggu airnya abis ane tinggal sholat.

Beberapa saat kemudian udah abis airnya pertanda udah jadi ni ane rasa g ada yang salah, selanjutnya ane masak buat makan malam berhasil dengan sempurna seperti sebelumnya. Keesokan harinya ni hari ada kejanggalan saat mencicipi tahu ama tempe bacem ya ane buat tadi malam kok g beres kayak biasanya, ternyata eh ternyata selidik punya selidik bahan yang ane masukkan ada yang salah yang seharusnya daun salam ane masukin daun sereh. Wah... gatot ini namanya alias gagal total. Pas tadi pagi ane coba masak ternyata bumbunya udah meresap yang jadi masalah saat dimakan rasanya kacau enggak karu-karuan bikin perut berontak wah.............

Benernya udah berbagai cara untuk menyelamatkan bahan makanan ane dengan. Mulai dari meredam bahan dengan air, sampek ane cuci ternyata masih aja gagal. Tinggal satu yang masih ane coba ini masih ane redam dengan garam semoga ntra sore saat ane pulang kantor rasanya bisa lebih asin dan rasa serehnya bisa ilang. Masalahnya saat ane coba sampai saat ini masih berasa dimulut, padahal udah ane makanin ama permen, roti rasanya belum ilang-ilang. Ah rada nyesel deh ane ane langsung masukin semua harusnya dikit-dikit dulu.

Pelajaran hari ini klo belum yakin dalam bumbu masakan bikin dikit dahalu jangan langsung banyak, ntar bisa mubasir. Untungnya cuman satu menu masakan.

No comments:

Post a Comment