Monday, April 19, 2010

Bis Ekonomi Serasa Eksekutif


Ya benar sekarang bis ekonomi serasa eksekutif, tapi itu cuman untuk beberapa jurusan saja. Jurusan bis antar kota yang di berikan fasilitas ini hanya untuk jurusan surabaya jogja dan PO bus yang mengoperasikanya hanya PO Sumber Kencono dan MIRA EKA. Awalnya sih dulu EKA MIRA sudah kalah bersaingan dengan PO Sumber Kencono, tiba-tiba saat PO Sumber Kencono melakukan peremajaan armadanya tidak lama kemudian PO MIRA EKA ini mengeluarkan inovasi dengan memberikan layanan bus ekonomi dengan AC dan tarif tetap.

Awalnya sih masih banyak yang belum percaya dengan AC kok dengan tarif tetap, namun dengan berjalannya waktu banyak konsumen dari PO sebelahnya pindah ke PO ini yang memberikan layanan lebih. Mana dengan membayar dengan harga sama mendapatkan fasilitas yang lebih. Tidak ada orang merokok, orang yang ngamen juga sedikit berkurang, dan tentu saja lebih nyaman dan tidak panas lagi, selain itu juga lebih bersih.

Ya namanya juga ekonomi ya masih aja tetap ada orang yang berdiri, heheheh klo dibandingkan dengan bis PATAS yang jurusan ke kampung ane di Madiun mah yang PATAS kalah jauh, udah bis nya g layak di sebut PATAS jalannya lambat, mahal pula.

Lama kelamaan PO Sumber Kencono g mau ketinggalan armada yang baru di belinya juga diganti dengan bis yang berAC dengan tarif perjalanan yang sama. Persaingan bisnis kadang lebih menguntungkan di kalangan konsumen dengan hanya memberikan fasilitas yang g klah dengan yang kelas PATAS yang sama dengan kelas Eksekutif bisa memberikan dampak yang begitu besar terhadap pendapatan. Cuman banyak juga keunggulan PO Sumber Kencono dibandingkan dengan MIRA EKA, jauh lebih banyak armada bis yang baru dan umurnya klo udah 5 tahun banyak yang di ganti dengan yang baru tapi karena faktor X yang tadi banyak juga yang kendaranan yang belum 5 tahun di ganti dengan AC. Kedua waktu tempuh perjalanan pun lebih cepat dan kendarannya lebih nyaman.

Untuk PO MIRA EKA sendiri juga kalah di disisi pelayanan, klo di Sumber Kencono punya kelemahan di pelayaan. PO MIRA EKA pada pelayaan konsumen lebih baik kadang kondekturnya lebih baik dari pada Sumber karena di Sumber kebanyakan anak muda hehehe. Kalo kendaraannya sih interiornya masih mewah di PO MIRA EKA, cuman kebanyakan Sopir di MIRA EKA agak kasar dibandingkan dengan sopir Sumber Kencono.

Untuk Overall kedua PO ini memberikan pelayanan yang bagus bagi konsumen, cuman bagi kedua PO perlu ada peningkatan kenyaman dalam berkendara salah satunya cara mengemudinya diperhalus di PO MIRA EKA, dan pelayanan ramah tamah oleh kondektur di PO Sumber. Oh ya kedua PO bis ini juah lebih cepat dari bus PATAS yang jurusan Surabaya Madiun. Ane rekomendasikan bagi yang bepergian jauh dari Surabaya Jogja dengan biaya minim dengan citra rasa eksekutif anda-anda bisa gunakan jasa kedua PO ini baik Sumber Kencono dan PO MIRA EKA.

Ada tambahan untu PO Sumber Kencono masih banyak armadanya yang belum ber AC tapi PO MIRA EKA hampir kesemuanya sudah ber AC.

2 comments:

  1. Yang sangar sekarang PO Restu Panda gan.., mewah banget, sayang belum ada atau masih jarang PO ini berkeliaran di daerah luar Jatim

    ReplyDelete
    Replies
    1. kliatannya sih gitu lebih banyak main di daerah jatim, kemarin lebih banyak liat di malang, n klo kebarat paling magetan klo g ponorogo

      Delete