Tuesday, August 10, 2010

Tarawih Pertama di bulan Ramadhan

Bukan rahasia umum lagi tiap memasuki awal bulan ramadhan pasti saat sholat tawarih rame sekali, ntar pasti sudah ditengah-tengah bulan pasti akan semakin maju aja shaf sholatnya. Tapi saya berharap untuk bulan puasa tahun ini shaf sholat selalu penuh kayak kemarin malam sampai luber di halaman masjid.

Bahan cerita kali ini adalah pengalaman yang rada beda dari sholat tarawih pertama ramadhan sebelumnya. Saat adzan isya di kumandangkan diawal bulan ramadhan kali ini bergegaslah saya untuk menuju kemasjid untuk menuaikan sholat isya dan kemudian dilanjutkan dengan sholat tarawaih.

Berhubung datang awal hehehe jadi lumayan dapat shaf sholat lumayan depan, tepatnya 2 dari depan. Nah pelakasanan sholat tarawih klo kebanyakan di jawa selalu dengan kecepatan tinggi, sampai untuk ambil nafas aja susah heheh, maklum jarang olah raga jadi klo diajak sholat ngebut ya ngos..ngosan. Terkadang dalam benak saya kenapa sih sholat sunnah tarawih selalu dilaksanakan cepet-cepet rasa nya jadi kurang khusuk. Saat sujud aja baca bacaan jadi keburu-buru deh.

Tapi ada sisi positifnya juga lo di sholat sunnah ini dibikin cepet, kita yang sholat jadi lebih konstrasi terhadap bacaan kita. Tapi kalo terlalu cepat ya g baik bisa-bisa hilang fokus pada bacaan sholat kita, terkadang juga bikin lupa sudah rakaat keberapa.

Sholat tarawih di indonesia khususnya jawa dilakukan ada yang sebanyak 20 rakat plus 3 rakaat witir dan ada yang dilakukan sebanyak 8 rakaat plus 3 witir. Kebanyakan sholat tarawih yang dilaksanakan di masjid-masjid besar adalah 20 rakaat plus 3 witir, dan biasanya setelah witir diselingi dengan ceramah agama dan ada juga setelah tarawih diselingi ceramah dan dilanjutkan dengan witir.

Nah berhubung witir adalah sholat penutup, jadi jika sudah melakukan sholat witir maka tidak mungkin lagi melakukan sholat sunnah yang lain. Berhubung demikian saya tidak ikut sholat witir dan berencana sholat dirumah saja setelah sholat sunnah yang lainnya, jadi setelah sholat tarawih saya pulang.

Karena datang awal jadi saat naruh sandal sih enak, dan dalam pikiran g bakalan pindah eh taunya malah sandal-sandalnya ditumpuk g beraturan jadi satu. Padahal sholat witirnya mau dimulai eh akhirnya sandal yang ane pake terpaksa ane tinggal. Mana udah dicari-cari g ketemu dan orang-orang pada liatin saya hiks..hiks..., Biarin deh diliatin orang lain yang penting niat saya bukan curi sendal, tapi cari barokah yang banyak mumpung ini bulan ramadhan, jadi banyak-banyakin amal kebajikan.

Tidak masalah malu di muka umum, yang terpenting bisa memperbanyak amal di bulan ramadhan.

No comments:

Post a Comment