Wednesday, August 11, 2010

Effek Ramadhan

Baru berjalan beberapa hari saja effect dari ramadhan sudah terasa dimana-mana, sebenarnya sih tiap ramadhan selalu miliki effect yang sama. Effectnya yaitu banyak sekali pedagang dadakan yang berteberan dimana-mana. Mulai yang jual berbagai macam minuman dan berbagai macam gorengan.

Liat saja klo g pecaya yang dulunya didepan rumahnya g berjualan, jadi berjualan. Tapi kebanyakan di bulan ramadhan ini banyak sekali pedagang minuman yang berteberan, yang biasanya muncul menjelang waktu berbuka puasa. Kemarin pun saat mau berbuka puasa sih yang ane cari adalah es degan karena menurut ane sih seger. Cuman pas momen ramadhan jadi g kebagiaan heheheh.

Effect ramadhan ini sih sebenarnya banyak manfaatnya selain kita masuk kedalam bulan yang penuh dengan barokah, yang didalamnya segala macam amalan akan dilipat gandakan. Selain itu effect ini juga perpengaruh pada ekonomi masyarakat, dimana dapat menambah pendapatan bagi para penjual makanan selama bulan ramadhan.

Tapi yang kadang menjadi pemikiran saya kenapa sih klo berbuka harus dengan makanan yang lebih mewah dari biasanya. Padahal dengan adanya ramadhan kita seharusnya memahami maknanya bukan ntar menu buka puasanya apa, melainkan saat kita berpuasa menahan hawa nafsu dan lapar dahaga kita diajarkan bagaimana rasanya kehidupan saudara kita yang hidup sebagai fakir miskin.

Saudara kita yang hidup fakir miskin kadang dalam satu hari kadang tidak makan, nah kita saat bulan puasa ini hanya melakasanakan dari fajar sampai dengan tenggelamnya matahari. Paling saat berbuka puasa dengan segelas air dan kurma rasa dahaga seharian sudah terobati, terkadang dengan menu yang kita bayangkan sebelum berbuka yang enak-enak, paling hanya beberapa yang kita santap selebihnya kadang jadi mubazir.

Mari dengan ada ramadhan ini kita ambil pelajaran dan hikmah yang diajarkan agama kita sebagai umat muslim sehingga memperoleh makna dan effect dari bulan ramadhan, selain effect ekonomi, melainkan juga effect dari pahala ramadhan. Ayo dibulan ramadhan ini kita tingkatkan ibadah kita dan yang terpenting dengan kesederhanan kita bisa menjalani ramadhan ini dengan khusyuk.

No comments:

Post a Comment