Sunday, August 22, 2010

Menahan Hawa Nafsu

Suatu hal yang rada sulit jika suah berhubungan dengan hawa nafsu, semua yang kadang kita inginkan pasti sedikit banyak terpengaruh dari hawa nafsu kita. Coba aja deh yang anda rasakan jika saat ingin berbuka puasa. Pasti ingin itulah inilah dan lain sebagainya yang dalam pandangan mata enak untuk disantap, tapi jika sudah tiba waktunya berbuka cuman hanya dengan seteguk air putih dan kurma rasa dahaga dan lapar hilang entah kemana.

Hawa nafsu kita jika tidak dikendalikan secara baik, maka bisa menjerumuskan kita dalam sifat yang serakah, atau malah akan menempuh segala cara untuk memperoleh apa yang dikatakan oleh hawa nafsu. Mungkin yang paling nyata dan paling kronis yang di hadapi dalam negara ini adalah para koruptor yang tidak pernah merasa puas terhadap apa yang dimiliki.

Pada bulan Ramadhan kali ini seharusnya kita bisa lebih belajar untuk menahan hawa nafsu yang kita miliki tiap individu. Sehingga kita bisa menahan laju keinginan-keinginan yang tidak perlu dan menjadikan kita menjadi seorang yang serakah. Memang saya akui menahan hawa nafsu itu tidaklah semudah yang kita bayangkan. Apalagi pada bulan puasa ini, seperti yang saya contohkan diatas saat kita akan berbuka puasa. Pinginya yang enak-enak dimasukkan semua kedalam perut kita, padahal hanya dengan seteguk dan buah kurma saja sudah menghilangkan rasa dahaga dan la[ar kita.

Akhir-akhir ini saya baru bisa merasakan bagaimana bisa belajar menahan hawa nafsu, ya sebenernya susah-susah gampang untuk menghadapinya. Bayangkan saja yang dihadapi adalah keiingan-keinginan dalam diri kita sendiri, dengan kata lain kita menghadapi atau melawan diri sendiri itu lah repotnya. Klo hawa nafsu yang mendukung perbuatan yang baik sih g masalah, tapi yang jadi masalah jika hawa nafsu yang mengajak pada kejelekan ini yang bener-bener susah, apalagi bisa terjadi tanpa kita sadari.

Pada akhirnya semoga setelah melewati bulan Ramadhan kali ini saya bisa lebih bisa mengendalikan hawa nafsu yang saya miliki, sehingga di bulan-bulan Ramadhan yang akan datang bisa mendapatkan ilmu yang jauh lebih baik dan lebih bermakna.

No comments:

Post a Comment