Tuesday, August 3, 2010

Demam Investasi Emas

Fenomena baru saat ini, orang-orang jaman sekarang lagi berlomba-lomba untuk berinvestasi dalam bentuk emas. Beberapa hari yang lalu teman-teman di kantor mulai ramai untuk membahas tentang investasi emas ini. Untuk tiap gramnya saat ini sekitar 354 ribu, sedangkan yang di perjual belikan minimal sebesar 5 gram. Yah siapin saja uang 354 ribu di kali dengan 5 gram, hem.. uang yang lumayan besar bagi saya, dengan penghasilan yang saya peroleh saat ini.

Awal mulanya seorang teman kantor menawarkan dengan cara kita membeli emas, kemudian emas yang kita beli untuk di"sekolahkan" alias di gadaikan dan uang gadainya tadi di belikan dengan emas lagi. Nah emas yang kita "sekolahkan" tadi dapat kita tebus selama kita bisa membayarnya plus biaya simpan per empat bulannya.

Ya memang sih harga emas setiap tahun pasti naik, tapi dengan cara yang ditawarkan apakah akan mendapatkan untung diakan datang? itu yang menjadi pertanyaan saya selama ini. Jika dilakukan untuk jangka waktu pendek mungkin tidak menguntungkan karena akan termakan oleh biaya simpan emas yang sampai 400ribu tiap 4 bulannya.

Mungkin dengan jangka waktu lebih lama mungkin sampai dengan 10 tahun plus biaya "sekolah" emas yang tetap saat kita melakukan akad gadai yang kira 8 juta sekian untuk 25 gram plus biaya simpan 10 tahun/4 bulan di kali 400 ribu (asumsi nilai biaya simpan adalah flat) maka nilai yang kita peroleh akan juah lebih besar dibandingkan jangka pendek.

Itu amsusi saya sih apalagi saya bukan ahli ekonomi hanya seorang programmer hahahha,jadi asumsi saya itu ntah benar atau tidaknya. Hal yang menjadi dasar pertanyaan maukah pihak bank mau menyimpan barang gadai selama 10 tahun?. Alangkah lebih baiknya kita membelinya dengan tunai dan hanya dikenakan biaya simpan saja lebih enak dari pada harus di tambah biaya "sekolah" emas tadi.

No comments:

Post a Comment