Monday, July 4, 2011

Tabung gas

Setelah sekian lama menggunakan LPG yang ukuran 15 kg untuk masak, dan setiap kali LPG sudah memasuki tahap penghabisan sering kali mencium bau gas yang keluar dari tabung gasnya. Anehnya sudah diganti dengan karet yang berada didalam kepala tabungnya tetep aja gas yang tetep saja bocor.

Dulu saat masih serumah ama orang tua g pernah ngalami masalah ini dan posisi regulator gasnya juga g ada perubahan, alisa g miring. Tapi setelah beberapa kali membeli tabung gas akhir ini tiap pembelian baru tabung gas selalu saja regulator gasnya klo dipasang agak miring, cuman anehnya tidak tercium bau gas. Tapi jika sudah mau habis baru kejadian bau gas tercium kembali.

Awalnya saya kira regulator yang ada rusak padahal kondisi fisiknya masih bagus dan layak pakai, tapi anehnya klo pada posisi isi tabung gas tinggal sedikit kok bocor. Akhirnya saya belikan regulator yang baru tapi ternyata pada posisi yang sama (isi tabung gas tinggal sedikit) eh masih terjadi lagi.

Untuk mengatasi masalah ini akhirnya saya pasangkan model penahan antara regulator dan tabung gasnya. Klo dipasaran harganya kisaran 12 ribuan klo g salah inget. Masalah saat saya pasang ini untuk regulator yang pertama tidak bisa digunakan. Setelah diganti dengan regulator baru bisa muat dan akhirnya masalah gas bocor saat isi tabung gas tinggal sedikit teratasi.

Masukan buat pertamina sebagai pemasok gas LPG bagi konsumen untuk lebih diperbaiki kualitasnya. Mungkin sering terjadi ledakan pada tabung gas LPG 3 Kg mungkin kurang baik kualitas pada karet yang berada pada leher tabung yang menghubungkan leher tabung dengan regulator gasnya. Ini yang sering saya alami jika pasang LPG sering sekali untuk mengganti karetnya. Terkadang karetnya sudah tidak layak untuk dipakai.

Oya model penahan regulatornya seperti ini :


Model regulator yang saya pakai model seperti ini yang ada model tekanan gasnya:

2 comments:

  1. kemarin sy jg mengalami hal yg sama bau gas bocor dan akhirnya gasnya habis..sempet panik jg. kalau beli penahan regulatornya di carefour ato giant ada ga ya? trus cocok ga dg regulator quantum...sy pake quantum tp yg ga pake meteran

    ReplyDelete
    Replies
    1. ada kliatannya gan cuman kemarin ane belinya di toko biasa. Bisa gan klo model penahan kayak diatas.

      Delete