Sunday, June 9, 2013

Ban

Pernah ngalami perbedaan ban baru dengan ban yang hampir habis?. klo pernah bagi cerita disini ya. Oke saya akan berbagi pengelaman dengan masalah ban. Ban yang akan saya bahas adalah ban sepeda motor, klo ban yang lain belum pernah sih.

Sebulan yang lalu ban sepeda saya untuk roda belakang udah mulai gundul alias udah mau habis, cuman ama tukang bengkelnya disarankan gantinya entar2 dulu. Cuman di tanya paling jauh pake kemana sih? saya jawab buat kerja aja paling 20 kilo pp (pulang pergi). Nah dari situ si tukang bengkelnya bilang masih bisa di pake 1 atau 2 bulan lagi. Ok dengan info yang di dapat tenang lah hati saya, cuman kok ban saya mudah sekali kurang angin dan rasa keras.

Kendala lain dari ban yang udah mulai masuk masa pensiun adalah daya cengkram ke jalan yang kurang. Ban juga sering spin dan lebih berbahaya saat posisi jalan basah karena g ada fasilitas untuk membuka air di jalan, dan rasanya jalannya seperti di es, licin banget. Penggunaan bahan bakar pun jauh lebih boros dari biasanya.

Kondisi yang lain adalah tingkat kenyamanan dalam berkendara. Kondisi ban yang sudah mulai aus membuat terasa keras dan saya pikir scokbreker (g tau nulisnnya ) juga ikutan aus. Kendaraan pun juga kurang nyaman untuk di ajak bermanuver.

Untuk segi keselamatan jauh lebih berbahaya. Pengalaman saya saat berbelok untuk daya cengkeram roda hilang entah kemana. Gara-gara hal tersebut bagian belakang motor sliding dan hampir membuat saya jatuh. Padahal jalan pada kondisi kering. Selain itu kondisi ban yang aus membuat perubahan pada cara berkendara.

Setelah pergantian ban semua masalah itu hilang, dan rasa berkendara jauh lebih nyaman.

No comments:

Post a Comment