Monday, June 10, 2013

Xian MA60 Vs N-250

Pesawat merpati Xian MA60 buatan cina yang mengalami kecelakaan di bandara El Tari kupang. Kecelakaan di karenakan pendaratan keras sehingga pesawat tersebut terbelah menjadi dua, dan sayap pesawat terpelintir. Musibah pesawat ini bukan pertama kali di alami merpati. Pada tanggal 7 Mei 2011 pesawat ini mengalami gagal mendarat dan jatuh di laut dan menewaskan semua awak pesawat dan penumpangnya.

Spesifikasi pesawat MA 60 ini adalah sebagai berikut:
  • Kru: 2
  • Kapasitas: 60 penumpang
  • Panjang: 24.71 m
  • Lebar sayap: 29.20 m
  • Tinggi: 8.86 m
  • Luas sayap: 75.0 m²
  • Berat kosong: 13,700 kg
  • Berat maksimum saat lepas landas: 21,800 kg
  • Mesin: 2×Pratt & Whitney Canada PW127J Turboprop, 2,051 kW
Kinerja
  • Laju maksimum: 514 km/h (278 knots, 319 mph)
  • Laju jelajah: 430 km/h (232 knots, 267 mph) (econ cruise speed)
  • Jangkauan: 1,600 km
  • Batas atas layanan: 7,620 m
sumber

Sedangkan sertifikasi untuk pesawat MA 60 hanya di keluarkan oleh Administrasi Penerbangan Sipil China pada bulan Juni 2000, sedangkan sertifikasi dari US Federal Aviation Administration belum didapatkan.

Klo dibandingkan dengan pesawat buatan negeri kita sendiri yang sekarang tidak terurus yaitu N-250 kliatannya lebih mumpuni di bandingkan dengan MA 60 milik cina. Mari kita lihat spesifikasi N-250:
  •  Lebar badan : 4.10 m
  •  Panjang badan : 28.20 m
  •  Bentang 2 sayap : 28.00 m
  •  Lebar ekor : 9.04 m
  •  Kapasitas penumpang : 54-64 tempat duduk
  •  Kecepatan maksimum : 330 knot (616 km/jam)
  •  Long range : 5 jam
  •  Lama terbang Normal : 2.5 jam
  •  Berat maksimum saat lepas landas : 24,800 kg
  •  Operational Empty W : 15,700 kg
  •  Mesin : mesin turboprop 2439 KW dari Allison AE 2100 C
  •  Jangkuan : 1,481 km
  •  Batas atas layanan : 7,620 m
sumber

dilihat dari specknya tidak kalah jauh padahal pesawat buatan kita ini di bikin pada tahun 1995 dibandingkan dengan pesawat MA 60 buatan cina yang baru dibuat tahun 2000.

Soal technology N-250 sudah di lengkapi dengan  sistem fly by wire,  sedangkan MA 60 saya tidak mendapatkan info apakah sudah menggunakn fly by wire atau belum. Dengan spesifikasi yang hampir sama kenapa ya Merpati Indonesia lebih memilih MA 60  di bandingkan pesawat nasional kita N-250. Segi design sih klo saya lebih memilih  N-250, lebih terlihat gagah dan lebih terlihat canggih di bandingkan MA 60.

Bukankah lebih membanggakan mengguanakan produk dalam negeri sendiri, sekaligus memajukan technology bangsa sendiri.

Klo ada kurang or salah bisa ditambahi saya disini hanya melihat dari pandangan saya dan info yang saya dapat di internet. Satu hal lagi saya hanya orang awam dalam pesawat terbang.

No comments:

Post a Comment