Friday, July 27, 2012

Tipus

    tajBeberapa hari yang lalu ane didiagnosa kena penyakit tipus. Tipus sendiri merupakan penyakit yang disebabkan oleh bakteri Salmonella typhi. Bakteri ini berkembang pada tempat-tempat kotor. Penyebarannya bisa dibantu dengan serangga macam lalat dan kawan-kawan.

Hal paling mudah kena saat kita atau sapalah yang suka jajan makanan di luar dengan kualitas yang tidak kita ketahui. Bisa saja makanan  yang kita beli sudah tercemar bakteri Salmonella typhi  jadi secara tidak sadar kita sudah terkena penyakit ini.

Gejala yang ane alami sih 3 hari sebelum terdiagnosis tiba-tiba saat malam hari badan merasa demam tinggi. Pegang air saja rasa udah dingin banget kayak di masukkan kedalam kulkas. Pada pagi harinya sudah kembali baik lagi, dan ane rasa karena kecapekan. Anehnya ini tiap malam dan berlangsung selama tiga hari berturut-turut, akhirnya pada hari ke empat di bawa kedokter.

Selama dalam pemeriksaan dilakukan tes lab dengan widal. Setelah menunggu sekitar setengah jam hasil lab keluar dan hasil tes widal adalah positif terkena tifus. Ehm hal baru yang baru dalam hidup ane kena TIFUS wkakakka. Sebenernya malam  sebelum kedokter sudah cari info tentang penyakit yang ane derita, dan hasilnya g jauh beda dengan hasil tes labnya. Takutnya kena Demam berdarah karena klo dapat info dari internet klo gejala Tipus dengan DB mirip.

Akhirnya oleh dokter ane diberikan waktu istirahat total selama tiga hari dan makanannya pun harus model bubur, dan tak boleh yang terlalu keras. Makanan yang pedas dan makanan yang mengandung kubis didalamnya.



No comments:

Post a Comment