Sunday, July 29, 2012

Tips dan Trick merawat Bambu Air

Beberapa bulan yang lalu ane dan istri iseng-iseng beli bambu air untuk tanaman hias dirumah dan tiap harinya makin banyak bambu tumbuh dan membutuhkan media yang lebih besar. Nah karena di butuhkan media yang lebih besar maka tempat asli alis pot yang lama diganti dengan pot yang lebih baru dan lebih besar sekalian di ganti media tanahnya.

Pengantian media pot dan tanah sudah dilakukan dan hasilnya kok kurang puas. Bambu air yang semula hijau-hijau kok sekarang sering menguning ujung-ujungnya. Ada hal lainnya ternyata pot yang buat penggantinya g bisa menyimpan air untuk cukup lama, karena tiap diisi air paling banter airnya bertahan satu hari. Padahal bambu air harus terendam air.

Akhirnya cari info kesana kemari termasuk ketukang bunga langganan bagaimana sih ngerawat bambu air, Nah akhirnya terjawab bagaimana tips n triknya.

Ok pertama media tanah untuk bambu air adalah lumpur, bukan tanah biasa yang harus diisi dengan air saja walaupun mirip ternyata lumpur sawah lebih cocok untuk tanaman ini.

Kedua jangan terlalu di tempatkan di area yang dingin ntar membuat akar-akar tanamannya jadi busuk.

Ketiga air yang didalam pot jangan sampai habis, atau dengan kata lain jangan sampai terlambat ngasih airnya.

Tiga tahap ini yang ane dapat dan ane praktekan dan hasilnya lumayan, mungkin ada yang bisa ditambahkan klo ada yang mempunyai trik yang lain.

40 comments:

  1. jadi hrus d taruh tmpat yg panas ya gan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. gan juga gan di tempat teduh juga tidak apa2. Tapi klo bisa terkena sinar matahari yang cukup

      Delete
  2. itu sarang ulet bulu gan.. ati2.. hiiiiii.. coba aja patahin bambunya satu..

    ReplyDelete
  3. kalau udah panjang batangnya, borlrh dipotong ga ??

    ReplyDelete
  4. boleh dipotong maksudnya :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. boleh di potong gan, cuman ini beda dengan bambu biasanya. klo sudah di potong bisa tumbuh lagi dari samping yang bekas di potong

      Delete
  5. gan cara budidaya nya gimana

    ReplyDelete
    Replies
    1. dari pengalaman ane bambu air yang bergerombol ane pisahan kecil2 dengan akarnya, trus taruh di wadah yang lain. Tumbuhnya cepet juga kok 2 hari udah muncul tunas baru, asal cocok tanahnya. Paling penting berani eksperimen

      Delete
  6. Klo udah pada menguning bisa kembali menjadi hijau lagi ƍäªªª ? Caranya gimana ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. klo udah menguning susah kembali ijo, malah klo udah ijo bakalan layu dan mati. Agar tetap hijau kondisi tanaman, tanah dan air harus di jaga. Kebanyakan air juga tidak baik, malah akar tanaman busuk. Terlalu panas juga tidak baik

      Delete
  7. kalo ga pake tanah sawah bisa ga? perbandingan air sama tanahnya berapa banyak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa kok, klo perbandingan ini yang repot saya lupa, cuman klo pot itu saya sisain sejari dari tanahnya buat airnya. kebanyakan air juga g bagus, bisa busuk bambu airnya

      Delete
  8. nanamnya memang harus di pot ya? kalau langsung di tanah tidak bisa??

    ReplyDelete
  9. nanamnya memang harus di pot ya? kalau langsung di tanah tidak bisa??

    ReplyDelete
  10. nanamnya memang harus di pot ya? kalau langsung di tanah tidak bisa??

    ReplyDelete
  11. nanamnya memang harus di pot ya? kalau langsung di tanah tidak bisa??

    ReplyDelete
  12. nanamnya memang harus di pot ya? kalau langsung di tanah tidak bisa??

    ReplyDelete
  13. gan, klo misalnya ditanam secara hidroponik cuma pake media air aja bisa g??
    kayak sawi gitu...

    ReplyDelete
  14. Dimana beli bambu air gan? Saya cari2 gak ketemu.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Belinya di tmpat jual tanaman hias donk. jogja bnyk, hihihi.. di rmh saya jg bnyk, kl mw minta boleh, tp di jogja :)

      Delete
    2. jogja nya mana gan.. ane juga jogja.. kalo boleh kpn2 saya mbibit bambu airnya
      thanks

      Delete
  15. saya beli sdh 3x tapi teuteup aja pada akhirnya mati, kering.

    ReplyDelete
  16. Aku juga lagi nyoba nanem bambu air nih... smga bisa tumbuh sesuai harapan...

    ReplyDelete
  17. Klo potnya yg bawah ga bolong gmn tuh gan,,,,kan bisa kampung air ckup lama,,tp busuk ga kira2 akarnya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. klo dari pengalaman ane g kok gan, cuman klo baru tanam jangan sering2 disiram air klo potnya buntet, yang penting tanahnya basah

      Delete
    2. siang gan,
      ikut nimbrung..harga bambu air brp ya?
      nwn

      Delete
    3. nimbrung gan,... kbtulan ane baru beli bambu air,.. harganya cuma 15rb an satu pot kecil,,...

      Delete
  18. Gmn ya mas cr ngerapiin bambu air. Sy potong biar ga ketinggian krn sering kejepit jendela ruang tamu. Tp abis itu jd bercabang ujungx. Tak diemin malah makin rungsek. Akhirx tak babat habis sisa 10cm.. Blm jelas nasibx gmn... Bs tumbuh lg ato tidak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. klo di potong sih klo pengalaman dari saya ya bakalan muncul cabangan baru, klo yang kepotong ujungnya bakalan menghitam (hanya ujungnya lo ya)

      Delete
  19. Kalo pake media lumpur sawah. cepet bgt bkembangnya. Kl pake tanah biasa campur air bisa lambat. Sy utk taman pake tanah biasa ngga sering2 motong....

    ReplyDelete
  20. Klo nanamnya dikolam gmn?stengah dari batangnya terendem air
    baik ga hasilnya?

    ReplyDelete
  21. Boleh tanya dong mas, cari potnya yg gimana biasanya? Sy suka yg dr semen gitu tp katanya mahal. Tahukah apa ada yg jual?

    ReplyDelete
  22. Boleh tanya dong mas, cari potnya yg gimana biasanya? Sy suka yg dr semen gitu tp katanya mahal. Tahukah apa ada yg jual?

    ReplyDelete
  23. Mau tanya pak, saya juga punya tan bambu air, saya sdh coba memisahkan dan memang jadi subur. Cuma saya bingung dgn batang bambu yg muncul percabangan baru, gimana perlakuan yg baik supaya tumbuhnya bagus?

    ReplyDelete
  24. Tunas baru yg muncul di batang induknya di apain ya? Qpa boleh langsung tanam?? Dipisahkan dr induknya ga??

    ReplyDelete
  25. Kak kalau taneman yg saya beli kan medianya tanah trs saya aklim ke media air itu kenapa bisa menguning ya kak?

    ReplyDelete
  26. Saya tanam di kolam.ikan sebagian batangnya terendan air kok daunnya menguning ya.....??? Butuh solusi brooooo

    ReplyDelete