Friday, July 27, 2012

Kolam ikan dari barang bekas

Membuat kolam dari barang bekas yang berada di rumah adalah suatu hal yang menarik, apalagi kita tidak perlu keluar uang banyak untuk membeli aquarium, paling-paling hanya untuk membeli peralatan kolam. Bahan yang ane gunakan untuk membut kolam adalah pot besar yang dulunya buat tanaman teratai. Berhubung sudah tidak digunakan dan wadahnya masih bagus saya alihkan fungsi menjadi kolam ikan.

Bahan-bahan yang ane gunakan diantaranya aquaproof , kuas cat () dan tentunya waktu luang heheheh. Aquaproofnya bisa diganti dengan semen biasa. Fungsi dari aquaproof ini digunakan agar tempat yang akan dijadikan kolam tidak bocor, cuman jika menggunakan aquaproof waktu pengiisian ikan akan membutuhkan waktu yang cukup lama, karena bau air yang menyengat akibat dari penggunaan aquaproof.

Jika menggunakan semen waktu pengiisian lebih cepat karena baunya lebih cepet hilang dan lebih cepat timbul lumut-lumut pada kolam paling cepat 3-4 hari setelah semen kering dan direndam dengan air maka lumut-lumut sudah muncul plus kena sinar matahari.

Kuas disini digunakan untuk melumuri dengan semen atau aquaproof bagian dalam dari pot yang akan digunakan sebagai kolam. Jika sudah selesai proses pelumuran tunggu kering dan coba diisi dengan air tunggu 1 - 2 jam masih ada tidak bagian yang masih bocor. Jika masih ditemukan bagian yang masih bocor ulangi proses pelumuran bagian dalam hingga tidak ada kebocoran lagi.

Setelah semua proses selesai, kita tinggal pasang perlengkapan kolam, mulai dengan filter kolam dan pompanya, hiasan kolam yang akan digunakan, dan tempat yang akan dijadikan tempat buat meletakkan kolam ikan yang baru kita buat. Nah jika sudah tertata rapi mari kita nikmati hasil karya masih-masih selamat mencoba.

No comments:

Post a Comment