Sunday, April 27, 2014

Hide file dalam bentuk Image (steganography)

Ada cara yang asik untuk menghide atau menyembunyikan data dalam bentuk image,bisa juga dalam bentuk audio dan execute file, klo bahasa kerennya adalah steganography. Metoda penyembunyian data ini lebih tidak terlihat dari pada hanya menghide folder karena methoda ini menyamarkan file yang ada menjadi file yang lain.

Contoh misalkan saya mempunyai data-data penting dalam sebuah komputer dan agar tidak dibaca oleh orang lain atau user lain, maka saya bisa menerapkan methoda ini. File penting tadi ingin saya samarkan dalam bentuk image, maka saat seseorang menggunakan komputer yang saya punya hanya menemukan image tersebut buka file penting saya.

Proses ini bisa digunakan di berbagai macam operating system, hanya saja pada prakteknya saya menggunakan linux sebagai alatnya.

langkah pertama siap kan file yang akan disamarkan plus image nya seperti pada gambar dibawah ini.

langkah kedua masuk kedalam terminal dan pastikan masuk kedalam folder yang terdapat file yang akan di samarkan.

langkah ketiga gunakan perintah cat kemudian di ikuti image file, kemudian file yang akan disamarkan di ikuti tanda ">" dan terakhir nama file samarannya. klo bingung contoh seperti ini (lebih jelas pada gambar)
cat akan disamarkan> > >

Maka setelah proses tersebut maka akan ada satu file lagi pada folder test, terlihat pada gambar

jika sudah terdapat file baru dan berbentuk image maka proses yang anda jalankan berhasil, untuk extract data tinggal buka terminal dan lakukan proses unzip atau unrar data tersebut.

No comments:

Post a Comment