Monday, September 27, 2010

Jadi MC

Bueh ini bener-bener pengalaman seumur hidup saya jadi seorang MC. Padahal saya ini seorang yang demam panggung disuruh jadi MC. Kejadian sih saat mau lebaran ada telpon ke ruangan bahwa saya diserahi tugas untuk jadi MC acara halal bihalal, bueh kayak kesambar petir disiang bolong yang cerah. Dalam hati sih sapa ya kok tiba-tiba saja saya terpilih sebagai MC, dengan lapang dada saya berusaha menerima tugas ini sebagai tantangan yang menyenangkan.

Biasaya klo saya disuruh maju kedepan untuk menjelaskan sesuatu pasti ujung-ujungnya ada kejadian yang aneh, entah tiba-tiba ngeblank sendiri. Kadang lupa topik apa yang akan disampaikan. Dulu saat akan maju tugas akhir 1 minggu sebelumnya kata temen saya kayak orang stress, muka ditekuk sana dan sini heheh. Saya sendiri juga heran kenapa tiap akan maju kedepan, jadi hilang kepercayaan diri saya.

Nah berhubung menjadi MC pada acara halal bihalal dikantor jadi tantangan saya untuk merubah paradigma diri saya jika maju kedepan pasti akan grogi. Jadi moment ini saya berusaha untuk merubah paradigma dalam diri saya itu. Pada pertemuan-pertemuan awal sampai final akan dimulai acara masih ada rasa kepercayaan diri saya. Malah menurut saya performa saya saat itu lebih baik dari pada sebelumnya.

Bayangkan saja sebelum-sebelumnya setiap saya akan maju melakukan presntasi atau apa saja yang harus tampil kedepan stressnya akan mulai 1 minggu atau 2 hari sebelum hari H. Raut wajah biasanya cerah bisa kayak orang kehilangan sesuatu yang bikin orang yang melihatnya jadi takut wkakakka.

5 menit sebelum acara dimulai, semangat masih menggebu-gebu, masih bisa becanda denga orang lain, tapi jantung mulai berdetak lebih kecang. Penyebabnya juga belum diketahui heheh. Kadang dalam benak saya gimana nanti ya saat maju berhasil apa g? tapi pikiran tersebut bisa diminimalisir untuk berfikiran positif. Lagian kali ini tinggal baca naskah saja tapi harus bikin kata2 mungkin juga perlu sedikit improvisasi disana dan sini.

Jeng..jeng akhrinya acara dimulai, sebleumnya da masalah juga si ustadnya yang mau ngisi ceramah agama belum datang. Terpaksa deh cari cara agar acara tetep berjalan sekalian mengulur waktu. Untung banget deh rekan MC saya bisa mencairkan suasana, padahal dia awalnya juga grogi, tetapi bisa berhasil menguwasai keadaan. Lah malah saya yang jadi grogi g karu-karuan weleh untuk tertolong sama temen saya ini. Klo sama-sama grogi bisa ancur ni acara.

Saya bayangin ni acara perasaan kok g selesai-selesai padahal cuman sebentar saja, tapi rasanya kayak 1 hari g selesai-selesai. Kaki ini rasanya kaku, mau ngomong mulut ini rasanya kelu banget. Berusaha menenangkan diri dengan cara berkonstrasi keyang lain akhrinya sedikit berimprovisasi, tapi tetep saja grogi g ilang-ilang.

Akhirnya acara selesai g tau penilain orang terhadap saya. Biarinlah yang penting sudah berusaha. Tapi saya mohon maaf ya klo saya udah bikin kurang nyaman jika saya menjadi MC. Pada akhrinya tetep aja saya demam panggung. wa................ semoga tahun depan g terpilih jadi MC lagi.

No comments:

Post a Comment