Wednesday, July 9, 2014

Wao........Quick Count President Beda

Pada awalnya saya menganggap bahwa pemilu tahun ini akan sama dengan pemilu tahun-tahun sebelumnya, begitu juga dengan hasil quick countnya, yaitu akan menghasilkan satu suara walau hasilnya mungkin tidaklah sama. Pemilu presiden tahun 2014 ini sungguh berbeda dari tahun-tahun sebelumnya liat saja di berita bahwa hasil quick count nya sungguh berbeda. Satu sisi memenangkan salah satu capres di satu sisi yang lain memenangkan capres yang lain.

Hal yang menjadi pertanyaan diri saya bagaimana lembaga survei bisa menghasilkan jumlah yang berbeda untuk memenangkan salah satu capres yang di dukungnya. Seperti dilihat dari group media yang mendukung salah satu capres hasil dari quick countnya memenangkan capresnya, sedangkan hasil quick count di tempat yang lain dan bisa dianggap "netral" memenangkan salah satu capres yang lain. Apakah lembaga survei bisa di beli atau salah dalam penerapan methoda atau perbedaan pengumpulan data?.  Jika itu terjadi maka kridebilitas lembaga yang melakukan survei ini perlu dipertanyakan.

Yah bener-bener bikin heboh dan bikin bingung bagi rakyat jika membaca hasil survei yang saling bertolak belakang meski perbandingan hasil survei 8 memenangkan capres A dan 4 mememangkan capres B, tetap saja bisa menimbulkan pemahaman yang berbeda. Semoga jika salah satu kandidat capres yang kalah mau legowo dan nerimo kekalahannya. Sehingga memberikan rasa nyaman dan tentram di hati rakyat.






No comments:

Post a Comment