Wednesday, January 9, 2013

Masalah Mesin pada Vario CW (Suara Klotok-klotok)

Beberapa bulan yang lalu kendaraan kesayangan ane Vario menimbulkan suara aneh pada daerah mesin. Suara mesin kok g sehalus dulu ya padahal  service rutin. Suara yang mucul kayak besi yang beradu klotok-klotok. Awal mulanya sih g terlalu keras kok lama-lama makin keras, mana ini kendaraan yang selalu setia mengatar ane ketempat kerja.

Jarak waktu timbulnya suaranya makin lama makin keceng itu tidak sampai satu minggu. Mana bawaan kendaraan kok makin berat buat lari, yang dulunya lari 80 km/jam itu g berat-berat banget ini kok susah banget ya. Klo posisi stasioner alias diem di tempat suara itu ilang cuman klo udah mulai buat jalan suaranya mulai muncul.

Perasaan jadi g karu-karuan masak harus turun mesin ni kendaraan. Akhirnya kesabaraan ane udah habis, dengan minta bantuan istri tercinta untuk membawanya kedokter wkakakak salah ding ke bengkel. Maklum cuti kerja ane udah habis eman klo potong gaji hehehe pake resource yang ada hehehe.

Pagi-pagi ane di anter dulu ke tempat kerja di lanjut kendaraan di bawa istri kebengkel. Cek sana sini akhirnya penyakit kendaraan ane ketemu yaitu apa namanya ya lupa ane ntar aq cari di google dulu. Ok sudah ketemu kalo di katalog nya vario (tipe yang ane pake adalah vario cw) adalah di E-14 Drive Face ada 3 part yang harus di ganti yaitu FACE COMP MOVABLE DRIVE part number nya 22110-KVB-900 , BOSS DRIVE FACE part number (22105-KVB-900
)dan ROLLER WEIGHT part number (22121-KVB-900).


Penggantian ketiga part ini harus nya di lakukan pada saat penggantian V-BELT dari vario itu. Umur ke empat part ini adalah 20.000 km setelah itu ganti. Setelah ketiga part itu di ganti suara motor ane kayak baru lagi halus mulus macam motor baru lagi.

Untuk lebih jelasnya untuk part yang saya ganti sebagai berikut:
  
keterangan gambar:
1. FACE COMP
2. BOSS DRIVE
3. ROLLER WEIGHT

Total biaya yang saya keluarkan untuk perbaikan sekitar Rp 300.000,00. Semoga info ini dapat membantu.

4 comments:

  1. saya juga punya masalah seperti ini tapi setelah diperbaiki suara ilang 2 bulan trus kembali lagi,,kenapa y??

    ReplyDelete
  2. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  3. sudah diganti ketiga part diatas? klo sudah di ganti harusnya sudah hilang. Kata mekanik yang handle dia harus di ganti tiap 20 ribu km. cuman sayang tidak saya foto part yang di ganti barangnya pada aus semua

    ReplyDelete