Tuesday, November 2, 2010

Service Motor Vario

Sudah hampir empat tahun ini saya menggunakan kendaraan matic keluaran honda. Motor yang saya pake adalah vario keluaran pertama. Dulu produk ini untuk Indonesia mengalami masalah dalam produksinya. Untungnya dari pihak hondanya mau mengganti secara gratis dan baiknya lagi dealernya sendiri memberikan kabar kerumah untuk meluangkan waktu untuk mengganti komponen yang bermasalah pada motor saya.

Beberapa hari yang lalu saya sempat binggung dengan kendaraan saya. Tiba-tiba klakson motor saya tidak berbunyi, klo pun bunyi motor saya harus melaju diatas 60 km/jam. Awalnya sih mungkin switchnya klaksonnya ada yang kotor,setelah dibersihkan tetap saja kembali pada kondisi semula yaitu bunyi jika motor melaju diatas 60 km/jam.

Awalnya sih belum kepikiran bahwa umur accu motor saya sudah waktunya ganti. Pemikiran itu muncul dikarenakan selama ini electric staternya masih berfungsi dengan baik. Beberapa hari berselang dan kondisi kendaran tidak digunakan beberapa hari dan tidak dipanasin mesinnya saat akan di start mesin dengan electrik starter kok g bisa malah bunyi tek..tek... tapi belum juga kepikiran klo accu sudah soak.

Pikiran masih postif thinking karena saat distart setelah menggunakan double stater dan kembali menggunakan electric stater masih bisa nyala. Tapi ada masalah dengan klakson tetep jalan. Akhir dua minggu setelah kejadian itu baru lah ketauan bahwa penyakit sebenernya adalah pada accu yang telah berumur, dan sudah waktunya ganti. Sebagai tambahan info umur pemakaian accu adalah kurang lebih empat tahun, baik itu accu kering atau basah.

Nah karena masalah sudah tau adalah accu, saya cari info dunk tentang harga accu. Tapi tunggu sebentar ada yang terlewatkan bagi pengguna honda vario letak accu pada honda vario berada didepan tetap dibelakang plat nomor kendaraan anda. Awalnya saya juga binggung dimana letak accu vario klo dibagian bawah jok langsung mesin, untung ada google university dan jawaban letak accu vario pun ketemu.

Hari minggu kemarin adalah waktu untuk service kendaraan, rencana awal sih pingin berangkat pagi-pagi berhubung mertua ada dirumah ya jadi berangkat agak siangan. Lah ternyata bener di tempat service sudah antri panjang entah urutan berapa saya. Sebenarnya klo service vario normal waktu yang diperlukan kurang lebih 15 menit itu sudah kelar, termasuk ganti oli dan setup mesin. Nah kemarin yang bikin lama adalah antrinya yang sampai setengah jam padahal masih pagi, coba berangkat agak siang bisa nunggu 1 jam heheh.

Setelah service kendaraan puas rasanya penyakit di motor ilang hati senang, dan berkendara lebih tenang karena bisa klakson lagi. Maklumlah klo di Indonesia tercinta ini banyak pengendara kendaraan yang pindah jalur tanpa kasih tanda, langsung belok aja g liat samping atau belakangnya ada kendaraan.

Oh ya perincian harga service kemarin di AHASS service vario di patok Rp. 30.000,00, harga olinya sekitar 30.000 juga lupa deh hehe tapi untuk harga accunya adalah Rp. 169.000,00 untuk tipe GS GTZ5S.

7 comments:

  1. nice post...
    belakangan varioku juga begitu, mungkin juga karena akinya...
    thanks kawan...

    ReplyDelete
  2. info bagus kang jadi tambah pengalaman tentang letak aki vario

    ReplyDelete
  3. ok thanks bongkaaaaarrrrrr........

    ReplyDelete
  4. Kemane aja lu bro, udah 4 tahun gak tau letak akinye dimane, gua aja 2 hari make vario lansung tau, parah ente

    ReplyDelete
    Replies
    1. heheheh emang ane parah gan, jarang bongkar sendiri sering ane kasih ken ke bengkel service

      Delete
    2. parah parah lu bro, juwebreet juwebreet glodag dwer

      Delete